oleh

Diduga Website KPU RI di Bobol, Pemuda Asal Payakumbuh Ditangkap

Payakumbuh (ClickNews.com) – Dit Tipidsiber Bareskrim Mabes Polri dan Sat Reskrim Polres Payakumbuh menangkap seorang Pemuda yang diduga melakukan percobaan Illegal Acces terhadap website KPU RI, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Senin (22/4) sekitar pukul 16.00 WIB.

Diketahui Pemuda ini bernama berinisial MAA (19) yang beralamat di Nunung Daya Bangun RT 001/003 Kel. Nunung Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumbar.

Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si, MM menyampaikan, pelaku melakukan percobaan illegal Acces terhadap website KPU RI. Pelaku ini ditangkap bukan di rumah orang tua nya, tapi di rumah saudaranya yang beralamat di RT 01 RW 02 Kel. Parit Rantang, Kec. Payakumbuh Barat, Sumbar.

Dasar kita menangkap pelaku, ya karena ada Surat dari Bareskrim Mabes Polri. Surat No. LP/B/392/IV/2019/Bareskrim, tanggal 19 April 2019, tentang percobaan melakukan Illegal Acces terhadap website KPU RI, terang Brigjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si, MM.

Pada saat pelaku ditangkap, pelaku tidak melakukan perlawanan kepada petugas. Petugas berhasil mengamankan Barang Bukti (BB), 1 unit laptop lenovo, 2 bh flash disk, 2 unit HP merk Samsung + sim card, 1 bh modem Andromax M2Y dan 2 bh sim card, ujar Brigjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si, MM

Dari pengakuan pelaku, awalnya MAA mengaku menemukan celah di website KPU. Temuan ini langsung di konfirmasikan dengan mengirimkan email ke Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN), ucap Brigjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si, MM

Pada Kamis (18/4), pelaku MAA kembali mencoba membobol website KPU dari salah satu komputer warnet. Selama beraksi, pelaku merekam dengan menggunakan Handy Cam, ungkap Brigjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si, MM.

Selain itu, petugas juga menyita sejumlah sertifikat terkait keamanan internet yang pelaku MAA miliki dari SQL Injection Chalenge Kominfo, AVIRA Vulnerabilities, Responsible Disclosure dari McAfee, Bug Report Vulnerability Tokopedia.

Pelaku MAA ini akan dijerat Pasal 46 Jo Pasal 30 dan atau Pasal 33 dan atau Pasal 51 ayat (2) Pasal 36 UU 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU 11 tahun 2008 tentang ITE, tegas Brigjen Pol Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si, MM

Pantauan Kabarheadline.com dilapangan, bahwa pelaku masih menjalani pemeriksaan di Polres Payakumbuh.***

Sumber : KabarHeadline.com

Editor : Ino

Komentar

News Feed