oleh

DPRD Rohul Keluarkan 5 Rekomendasi Penanganan Covid-19

Rohul, ClickNews.id – DPRD Kabupaten Rokan Hulu mengeluarkan rekomendasi kepada Pemkab Rohul untuk segera melakukan penanganan dan antisipasi pencegahan terhadap pandemik Covid-19.

Rekomendasi dengan surat Nomor 174/DPRD-Rohul/236, disampaikan DPRD kepada Bupati Rokan Hulu yang memuat 5 poin Rekomendasi Lembaga DPRD terhadap Penanganan Panedemik Covid-19.

Adapun 5 rekomendasi tersebut adalah, pertama, DPRD meminta kepada Pemkab Rohul menginstruksikan seluruh jajaran pemerintah dari tingkat kabupaten hingga desa/lurah, kepala dusun, kepala lingkungan, RT dan RW untuk mensosialisasikan bahaya Panedemik Covid-19 kepada masyarakat, dan meminta masyarakat menunda segala aktifitas di luar rumah kecuali ada agenda sangat penting/ darurat dengan memperhatikan pysical distancing.

Kedua, DPRD meminta kepada Pemkab Rohul segera melakukan pergesaran anggaran, menunda kegiatan yang tidak prioritas dan mengalokasikan anggaran tersebut untuk melaksanakan Keputusan Presiden Nomor 7 tahun 2020 tentang Recofusing kegiatan, Realokasi Anggaran serta pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Ketiga, DPRD meminta Kepada Pemkab Rohul menjamin keteresediaan Alat Perlindungan Diri (APD) dan peralatan kesehatan lainnya untuk mendukung pelaksanaan tugas para tenaga medis dan memastikan ketersediaan ruang isolasi di setiap rumah sakit/ puskesmas di Rohul.

Keempat, DPRD meminta kepada Pemkab Rohul membuat SOP yang jelas dalam penanganan Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dan orang yang dinyatakan terjangkit Covid-19 di Kabupaten Rokan hulu.

Kelima, DPRD Rohul meminta Pemkab Rohul segera membuat Media Center sebagai sarana informasi bagi masyarakat terhadap perkembangan pandemik Covid-19 di Rokan Hulu.

Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra, Kamis (26/03) berharap, melalui rekomendasi dari Lembaga DPRD dapat mempercepat upaya Pemkab Rohul dalam melakukan upaya pencegahan masuknya Wabah Covid-19.

“Kita berharap, melaui dorongan dari lembaga DPRD ini, pemerintah dapat mepercepat upaya-upaya pencegahan Covid-19 sehingga kita harapkan tidak ada warga Rohul yang terjangkit wabah Covid-19,“ cakap Ketua DPRD Rohul Novliwanda.

Wanda juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap mengikuti imbauan-imbauan pemerintah dengan tetap berada di rumah, menghindari tempat-tempat keramaian.

“Jika harus ke luar Rumah terapkan Physcal distancing, lengkapi diri dengan Hansanitizer dan upayakan selalu mencuci tangan dengan sabun,” tutupnya.

Sumber: Cakaplah.com

Komentar

News Feed