oleh

Hari Perawat Nasional, Presiden Jokowi Ucapkan Selamat dan Terima Kasih

JAKARTA, CLICKNEWS.ID – Masa pandemi COVID-19 menunjukkan peran dan profesionalitas perawat di Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata.

Perawat sebagai bagian dari tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam penanganan COVID-19 di seluruh Indonesia. Tetap setia merawat para pasien meskipun selalu dihadapkan pada kemungkinan besar terpapar COVID-19 dan resiko-resiko berat yang bisa ditimbulkan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan Selamat Hari Perawat Nasional 2021. Jokowi menyampaikan terima kasih kepada para perawat yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

“Setahun Indonesia dalam serangan pandemi, setahun pula perawat-perawat Indonesia berada di garis terdepan, mengasuh dan melayani pasien Covid-19 di ruang-ruang perawatan pada pusat-pusat layanan kesehatan di negeri ini,” ujar Presiden di akun Instagram-nya @jokowi, Rabu, 17 Maret 2021.

Jokowi mengapresiasi dedikasi para tenaga kesehatan yang tak kenal lelah merawat pasien, kendati harus berhadapan dengan virus Corona.

Pandemi COVID-19 adalah pengingat dari peran vital perawat. Perawat menjadi sosok yang paling dekat dan selalu berada di dekat pasien. Tanpa perawat dan petugas kesehatan lainnya, korban dari pandemi bisa lebih besar.

“Di balik masker yang terpasang ketat, mereka tetap tersenyum, berbicara dengan lembut, dan tangguh mengemban amanah profesi. Terima kasih para perawat Indonesia,” tuturnya.

Peringatan Hari Perawat Nasional diambil dari terbentuknya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) pada 17 Maret 1974.

Di Indonesia, sebelum PPNI terbentuk, ada banyak organisasi perawat. Seperti; Perkumpulan Kaum Verpleger fster Indonesia (PKVI), Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI), Persatuan Perawat Indonesia (PPI), dan Ikatan Perawat Indonesia (IPI). Mereka kemudian sepakat melebur menjadi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). (***/AD)

Komentar

News Feed