oleh

Kunkerta di Kantor Kelurahan Buluh Kasap, Kelima Mahasiwa Unri Buat ‘Alat Hand Sanitizer Tanpa Sentuh’

Dumai, ClickNews.id – Anda pasti akrab dengan hand sanitizer di saat virus SARS-CoV-2 mewabah seperti sekarang. Hand sanitizer laris manis di pasaran.

Alkohol berbentuk gel ini memang mudah digunakan, mudah disimpan, serta memberikan proteksi terhadap bakteri dan kuman. Hand sanitizer biasa disebut juga hand antiseptic adalah benda yang berbentuk gel, diaplikasikan pada tangan dengan tujuan untuk membunuh bakteri patogen penyebab penyakit.

Rombongan mahasiswa dari Universitas Riau (Unri) yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (Kunkerta) di Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur melaksanakan inovasi tempat Hand Sanitizer tanpa menyentuh tangan. Lazimnya tempat Hand Sanitizer yang disediakan, hampir semua menyentuh tangan yang bagi menggunakannya.

Kelima mahasiswa Unri yang dikomandoi Safira Nurhaliza dan didampingi Fikri Saputra, Sarah Nabila, Nurul Nisahana, Nisa Thahira mencoba melakukan terobosan membuat tempat Hand Sanitizer dengan menggunakan bahan ekonomis.

“Semoga ini alat dan temuan ini sangat bermanfaat khususnya warga Kelurahan Buluh Kasap yang ingin berkunjung di Kantor Kelurahan,” kata Safira Nurhaliza, Senin (01/06).

Tempat Hand Sanitizer yang menggunakan bahan pipa yang lazim dipergunakan oleh masyarakat. Selain berbahan ekonomis, alat ini mudah sekali dibuat dengan tanpa menyentuh tangan dan menggunakan kaki.

“Kami terinspirasi dengan melihat warga yang mengikuti protokol kesehatan, tetapi masih ada kelemahan dengan pemakaian Hand Sanitizer yang disediakan dengan banyak sentuhan tangan,” ucap Sarah Nabila.     

Untuk mengisi kegiatan selama pandemi COVID-19, kelima mahasiswa yang melaksanakan Kunkerta di Kantor Kelurahan Buluh Kasap berharap temuan alat sederhana dan ekonomis ini dapat dipergunakan oleh masyarakat luas dari inspirasi tutorial di youtube tersebut.

“Rencananya kami akan membuat lagi untuk percontohan dikelurahan lain dan bahkan diperkantoran – perkantoran lainnya,” tambah Safira Nurhaliza.

Lurah Buluh Kasap Ganda Prawinanata, S.STP,M.Si memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih dengan ide dan kreativitas kelima mahasiswa yang selama ini melaksanakan Kunkerta di Kantor Kelurahan Buluh Kasap.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah mengabdikan ilmunya di Kantor Kelurahan Buluh Kasap. Semoga ini menjadi inspirasi dan percontohan bagi tempat-tempat yang menyediakan Hand Sanitizer, ” ucap Lurah termuda dan masih single sembari memberi motivasi kepada kelima mahasiswa Unri.

Ganda juga berharap pemutusan mata rantai COVID-19 di Kota Dumai cepat berakhir dan masyarakat dapat beraktivitas normal kembali.

“Semoga New Normal ini, kota kita benar benar normal kembali sebelum wabah ini melanda,” pungkasnya.

Penulis: Aan Heru Saputra

Editor: Edriwan

Komentar

News Feed