oleh

Manuver NasDem: Taaruf Politik ke PKS, Kasih Panggung Anies di Kongres

Jakarta, ClickNews.id – Partai NasDem gencar melakukan manuver politik belakangan ini. NasDem menjajaki taaruf politik dengan PKS hingga akan memberikan panggung untuk Anies Baswedan di kongres.

Taaruf politik NasDem dan PKS ini terjalin setelah Surya Paloh dan Sohibul Iman bertemu. Rupanya Sohibul sempat melemparkan candaan ke Paloh mengenai koalisi NasDem dan PKS di Pilpres 2024.

“Tidak secara spesifik tapi dalam agenda kongres ada dua komisi yang bahas pemenang pemilu, pilkada tapi ada hal yang sebenarnya luput disampaikan ada bercandaan Pak Sohibul dalam pertemuan itu ‘Bang Surya ini kalau NasDem dan PKS ini kalau bersatu kurang sedikit aja 20 persen, hahaha kita gantung di sana hahaha,” kata Ketua DPP NasDem, Willy Aditya pada diskusi ‘Mewarnai Pelukan Politik PKS dan Partai NasDem’ di Kedai Sirih Merah, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu (02/11).

Pertemuan Paloh dan Sohibul itu menghasilkan tiga kesepakatan. Poin pertama, kedua partai saling menghargai posisi masing-masing partai sebagai oposisi dan berada di dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Ada tiga kesepakatan yang kita tanda tangani bersama. Yang pertama adalah menghormati posisi parpol masing-masing,” kata dia.

Selanjutnya, Willy mengatakan kedua partai sama-sama bersepakat untuk mengedepankan keteladanan. Poin ketiga adalah menjaga nilai Pancasila dan memerangi radikalisme, intoleransi dan terorisme.

“Poin kedua sama-sama mengedepankan akhlakul karimah, keteladanan. Jadi sama-sama mengedepankan kebajikan akhlak di ruang publik,” imbuh Willy.

“Ketiga adalah sama-sama menjaga nilai-nilai kebangsaan Pancasila untuk kemudian sama-sama bersikap tegas terhadap aksi-aksi intoleransi, radikalisme, terorisme itu yang terjadi di poin yang disepakati bersama,” lanjutnya.

Menurut Willy, pertemuan itu menjadi sebuah langkah awal atau taaruf politik PKS dan NasDem. NasDem tak ingin terburu-buru.

“Ini masih taaruf jadi kalau pertemuan pertama langsung tancap gas kan biasanya kalau yang cepat-cepat itu gampang patah juga,” ujar Willy.

Selain menjalin taaruf dengan PKS, NasDem juga berencana mengundang Anies Baswedan ke Kongres. Anies diundang dalam kapasitasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Anies akan menyampaikan sambutan dalam acara tersebut. Dia akan menyapa seluruh peserta dari seluruh daerah.

“Iya, Pak Anies kan Gubernur DKI. Sebagai Gubernur, wajarlah dia memberikan sambutan dan memberikan ucapan selamat datang kepada peserta kongres yang dari Sabang sampai Merauke datang ke Ibu Kota ya, Sebagai kepala daerah, ya mengatakan, ‘Welcome, selamat datang ke Ibu Kota Negara.’ itu sudah hal yang wajar,” lanjut Willy.

Selain Anies, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga diundang.

“Oh tentu, Pemilu 2024 kami bahas. Tapi yang menjadi penting, bukan hanya Mas Anies ya, ada Bu Khofifah juga kami undang dan beberapa gubernur yang dari NasDem, tapi memang Mas Anies membuka selaku Gubernur DKI,” kata Willy.

Willy mengatakan Anies dan Khofifah memiliki kedekatan emosional dengan Partai NasDem. Mereka berdua adalah deklarator ormas NasDem.

“Kita harus ingat, Mas Anies dan Bu Khofifah itu deklarator Nasional Demokrat. Jadi mereka memiliki kedekatan secara kultural dan emosional dengan Partai NasDem. Bu Khofifah itu sama kaya Ridwan Kamil, diusung pertama kali oleh NasDem. Jadi kami undang, tapi juga ada beberapa gubernur lain,” pungkasnya.

Kongres NasDem digelar di Jakarta International Expo, Kemayoran. Kongres akan berlangsung pada 8-11 November 2019.

Sumber : Detik.com

Komentar

News Feed