oleh

Peringatan Hari Anak Nasional Merupakan Sebuah Bentuk Kepedulian Pemerintah Dalam Pemenuhan Hak-Hak Dasar Anak

DUMAI, CLICKNEWS.ID – Walikota Dumai dalam hal ini yang diwakili Asisten Administrasi Umum Muhammad Syafie Menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2021 melalui Video Confrence yang bertempat di Ruang Command Centre Diskominfo, Jumat (23/07/201).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI tersebut diikuti oleh Seluruh Kota dan Kabupaten yang ada di Indonesia dengan mengangkat tema Anak Terlindungi, Indonesia Maju.

Hari Anak Nasional (HAN) merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si, mengatakan Peringatan Hari Anak Nasional sebagai momentum pengingat kepada kita semua atas pemenuhan hak-hak dasar kepada anak.

“Pemenuhan hak anak harus terus dilakukan. Pemenuhan hak dasar harus terpenuhi meskipun dalam situasi apapun. Bunda berharap dapat memotivasi kalian semua agar tidak kalah dengan pandemi ini dengan selalu menjaga diri dan keluarga. Hari ini kita akan mendengar aspirasi hebat dari anak-anak yang ada di seluruh Indonesia,”sebutnya.

Lebih lanjut beliau juga berpesan kepada semua petinggi dari semua sektor yang hadir untuk mewujudkan aspirasi anak bangsa Indonesia serta dapat meningkatkan semangat para anak.

“Semoga peringatan ini dapat menambah semangat dan mengingatkan kepada anak-anak agar dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk bangsa Indonesia,”sambungnya.

Gubernur Riau H. Syamsuar juga menyampaikan peringatan HAN merupakan momentum atas pemenuhan hak anak dari segala bentuk keekerasan dan diskriminasi.

“Pemerintah telah menetapkan tema dengan mengangkat anak terlindungi indonesia maju. Dengan adanya peringatan ini dapat menambah dan meningkatkan kepedulian kita semua dalam pentingnya peran tugas atas pemenuhan hak-hak anak Indonesia khususnya di Provinsi Riau,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama bertempat di Gedung Daerah Balai Serindit Pekanbaru, Gubernur Riau H. Syamsuar menyerahkan piagam penghargaan kepada setiap perwakilan Forum anak yang ada di Riau atas partisipasi dan komitmen terhadap perlindungan dan pemenuhan hak anak.

Turut hadir dalam peringatan ini yaitu, Forkopimda, Ketua TP PKK, Perwakilan DPPA, Ketua Forum Anak Kota Dumai.(Rls)

Komentar

News Feed