oleh

Rektor Unhan Selaku Irup Pada Upacara Penutupan Pendidikan Diksarmil Chandradimuka Kadet Mahasiswa S1 Unhan TA 2020/2021

Bogor, ClickNews.id – Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., CIQnR., selaku inspektur upacara (irup) dan secara resmi menutup kegiatan Diksarmir Chandradimuka Kadet Mahasiswa S1 Unhan TA. 2020/2021, dalam upacara bertempat di Lapangan Upacara Akmil Magelang Jawa Tengah. Sabtu, (22/08/2020).

Rektor Unhan dalam sambutannya menyampaikan Diksarmil Chandradimuka ini secara umum bertujuan membentuk sikap perilaku, pengetahuan dan keterampilan dasar kemiliteran serta jasmani dan samapta bagi Kadet Mahasiswa Unhan dalam upaya mengaktualisasikan nilai-nilai bela negara sebagai bagian dari komponen pendukung petahanan negara.

Selain itu, untuk mewujudkan Kadet Mahasiswa Unhan yang memiliki Identitas Nasionalisme dan Integritas, Loyalitas, Disiplin dan Jiwa Korsa, yang memiliki keyakinan teguh terhadap Pancasila sebagai ideologi negara, cinta tanah air dan rela berkorban untuk bangsa dan negara.

Secara garis besar, sasaran pendidikan dasar militer ini untuk membentuk Kadet Mahasiswa yang tanggap, tanggon dan trengginas. Tanggap berarti memiliki kadar intelektualitas tinggi serta memiliki kemampuan mengembangkan diri, Tanggon berarti memiliki tingkat kepribadian yang tahan uji dan ulet, Trengginas berarti memiliki aspek jasmani yang prima.

Ini semua merupakan modal dasar Kadet Mahasiswa dalam menunjang pelaksanaan perkuliahan dan proses belajar mengajar di Unhan.

Pendidikan Dasar Militer Chandradimuka memiliki nilai yang sangat strategis, karena dapat dijadikan acuan dan pedoman yang berharga serta memupuk kerjasama dan jiwa korsa dalam menghadapi setiap kesulitan dan hambatan. Kadet mahasiswa S1 Unhan merupakan SDM unggul yang berjiwa patriot dan berkarakter bela negara, merupakan kebanggan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Dalam upacara penutupan Diksarmil Chandradimuka juga diberikan penghargaan kepada mahasiswa S1 Unhan antara lain, pertama Wahyu Imam Utomo dari Prodi Kedokteran, menerima perhargaan Tripola Dasar 3 aspek, kedua Made Hayu Aretha Adira dari Prodi Teknik Informatika, menerima penghargaan Tripola Dasar Urut 1 Wanita, penghargaan Terbaik Bidang Pengetahuan dan Keterampilan, dan yang ketiga Pertiwi Widiastuti, dari Prodi Fisika, penghargaan Terbaik Jasmani, selanjutnya yang Keempat adalah Rendy Cahya Aditya dari Prodi Teknik Informatika menerima penghargaan Terbaik Sikap Perilaku.

Setelah pelaksanaan upacara penutupan dilanjutkan dengan penandatanganan berita penyerahan Kadet Mahasiswa S1 Unhan yang dilaksanakan oleh Wakil Rektor III Bid. Kerjasama Kelembagaan Unhan Mayor Jenderal TNI Dr. Hipdizah, S.Adm, M.Si., dengan Dirdik Akmil Brigjen TNI Yudi Yulistyanto, M.A., untuk selanjutnya Kadet Mahasiswa S1 Unhan melaksanakan pendidikan dan perkuliahan di Unhan.

Acara penutupan Pendidikan Diksarmil Chandradimuka Kadet Mahasiswa S1 Unhan, diwarnai dengan demontrasi Pencak Silat Merpati Putih dan bongkar pasang senjata oleh Kadet Mahasiswa S1 Unhan.

Acara ini dihadiri pejabat di lingkungan Akmil antara lain Gubernur Akmil, Inspektur Akmil, Dirdik Akmil, Dirjianbang Akmil, Dirum Akmil dan pejabat Akmil lainnya, pejabat Eselon I dan II Unhan serta Pembina dari Unhan, Pejabat Mabes TNI dan Angkatan, pejabat di lingkungan Kodam IV/Diponegoro, Kapolres Magelang, serta Pejabat Forkompinda. (red)

Komentar

News Feed