oleh

Sebelum Berpindah Tugas, Horas Sitinjak Turun Padamkan Api Bersama Dandim 0320/Dumai yang Baru

Dumai, ClickNews.id – Memberantas terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menjadi perhatian bersama. Tidak terlepas dari hal yang dilakukan Komandan Distrik Militer (Dandim) 0320/Dumai, bentuk komitmen bersama ia mengajak calon pengganti jabatannya saat ini terjun ke lapangan memadamkan api, Rabu (11/09).

Sebagaimana diketahui Dandim 0320/Dumai Letkol Inf Horas Sitinjak akan pindah tugas, dimana jabatannya akan digantikan oleh Letkol Inf Irdhan. Mereka terjun ke lapangan memadamkan api yang terjadi di wilayah Kelurahan Gurun Panjang, Kecamatan Bukit Kapur.

Dalam pelaksanaan pemadaman kebakaran lahan itu juga diikuti sejumlah instansi terkait, baik Polri, TNI, BPBD dengan jumlah 120 personil berjibaku melakukan pemadaman didua titik berbeda.

“Ini merupakan bentuk komitmen kita dalam mencegah dan memberantas karhutla dengan menyasar 2 lokasi yang terbakar di Kelurahan Gurun Panjang dan Bukit Timah,” ujar Dandim 0320/Dumai, Letkol Inf Horas Sitinjak.

Menurutnya, tidak dapat dipungkiri saat ini kabut asap menyelimuti Kota Dumai, namun berdasarkan pantauan satelit dengan confisence sekitar 70 persen Dumai belum ditemukan titik hot spot.

“Kemungkinan asap berasal dari luar Kota Dumai, untuk itu kita harus cepat dan sigap dalam menangani kejadian kebakaran hutan dan lahan sehingga kualitas udara di Kota Dumai bisa kembali normal,” paparnya seraya membuktikan kepedulian terhadap kesehatan masyarakat.

Meski demikian ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya di Kota Dumai agar tidak melakukan aktivitas membakar apapun, apalagi membuka lahan dengan membakar.

“Karena dampaknya bukan hanya sendiri, namun mengancam kesehatan seluruh masyarakat,” himbaunya. (ifw/rls)

Komentar

News Feed